1/17/17

Catatan Mahasiswa Semester Akhir



Gambar Ilustrasi:koleksi pribadi.

****Kesuksesan dimulai dari sini...kata orang sih..namun bagi para mahasiswa baik program strata 1 atau pascasarjana hampir memiliki pengalaman yang sama ketika memasuki semester akhir tapi bukan akhir semester ya..heheee..Apa yang menjadi kegalauan bagi para mahasiswa.....Mungkin anda pernah mengalami seperti  pengalaman berikut;

1.Selalu mengejar target..Seringkali apa yang direncanakan    selalu  meleset alias tidak tercapai..Rencana ditempuh 8      jadinya 10 semester atau 4 jadi 6 dan sebgainya.

2. Pertimbangan keadaan finansial yang pas-passan
    Seringkali keuangan sebagai alasan utama sebagai salah     satu faktor penghambat jalannya perkuliahan misalnya       biaya kuliah dan hidup sehari  - hari kian  mahal.

3. Takutnya dibilang mahasiswa tidak mampu secara               akademis.
    Adanya anggapan bahwa kalau seorang mahasiswa itu
    Selesainya tidak tepat waktu maka muncul beragam             anggapan misalnya otak kurang mampu, kuliah tidak           jelas dan sebagainya.

4. Takut diputus pacar dan dicap mahasiswa bertitel
    (MA) alias mahasiswa abadi.
    Bagaimanapun masa dan urusan pacaran merupakan
    kedua urusan yang diprioritaskan.

5.Kalau yang sudah berkeluarga katanya kangen anak            tetapi melalui istri atau suami hehehh atau bagi yang            jomblonya diperpanjang masa aktif sampai 2018 takut          stoknya habis.Itulah beragam alasan klasik yang muncul.

6.Teman-teman baikku atau genk sudah banyak yang              selesai, saya jadinya seperti orang ketinggalan kereta.
   Adanya kegalauan individu disaat ditinggal pergi para          sahabat.

7. Ini yang paling utama, kalau kelamaan jadi  mahasiawa      lowongan pekerjaan sudah habis terisi..Apakah hal ini          pernah terpikirkan atau saat ini sedang anda alami... N N

***Namun oh namun...

      Dari begitu banyak alasan di atas semestinya sebagai mahasiswa perlu  juga menyadari bahwa apa yang diharapkan seringkali berbeda dengan realita yang dihadapi..Mungkin saja alasan utama yang perlu disadari yaitu dari sisi akademisnya;

1.Judul yang diajukan selalu belum diterima dengan               pelbagai alasan, topik ini sudah banyak yang diteliti, atau   kurang luas kajiannya, atau implikasinya tidak ada dan       lain-lain.

2.Kalau sudah di terima judul belumlah cukup, ternyata          kemampuan merumuskan  masalah dan tujuannya yang      pas-passan jadinya stagnan  di proposal.Bisa saja hal ini      diyerjadi berminggu - minggu disesuaikan dengan                kesibukan pembimbinnya masing  - masing.

3.Ketika semuanya beres dalam seminar dan revisi                  proposal penelitian masih ada tahap selanjutnya yang          menanti, dan ini perlu ketelitian dan ketabahan.

4.Ketika Proposal selesai, maka mulailah dengan kesulitan      membuat instrumen penelitian.

5.Disaat penelitian,  sangat menentukan jauh atau                    dekatnya setting penelitian jauh bahkan di luar daerah         harus bolak-balik yang membutuhkan, biaya tenaga dan     waktu yang maksimal.

6. Sesudah penelitian dilanjutkan dengan pengolahan data,     analisis, reduksi dan display data, belum lagi pendekatan     penelitian kualitatif, kuantitatif atau R&D makin ribet..

7.Ketika semuanya selesai saatnya siap untuk sidang dari        pra, utama dan  pasca ujian lumayan puyeng.

8. Finally...Aku diwisuda....hahahha.. khayal dan kenyataan   beda tipis alias 11: 12

***Ternyata oh ternyata...

Mau mendapatkan gelar Sepeda alias S.Pd dan Motorpeda alias M.Pd..atau Dokar alias Doktor tidaklah mudah dan gampang...Yang gampang dan mudah ketika orang bertanya..Sudah selesai kah? dijawab belum...Kok lama ya, ya, ya..Itulah kami mahasiswa..

***Maaf dari ujung ke pangkal kembali ke pucuk                         semuanya bikin bingung...hu..hu..hu..
      Tulisan ini hanya merupakan ungkapan untuk                       melampiaskan kepenatan di waktu mengerjakan Thesis       tanpa bermaksud menyinggung siapapu.

#Resolusi2017hargamati
#AgustusatauNovembermasihtandatanya????
   Kalau stoknya banyak pasti masih bisa ditawar...hahaha..
   Catatan malam ini depan kompor hock 24 sumbu..sampil    goreng tempe & tahu. (Inspirasi dari rasa lapar)***
   Biarlah menjadi momen yang bisa dikenang di hari tua.

   By Wara Cypriano
         



No comments: