9/06/18

Soft Skill Menjadi Faktor Utama Dalam Dunia Kerja Bukan Rangking Kampus

VOXRATEWATI.Com. By Wara Cypriano

#InfoLP3s

Apakah ranking perguruan tinggi berpengaruh pada karier alumninya?

Setiap tahun, ranking perguruan tinggi dalam negeri dikuasai oleh UI, ITB, UGM, dan universitas-universitas negeri lainnya.

Apakah ranking perguruan tinggi tersebut bisa mempengaruhi karier alumninya?

Perguruan tinggi dimana tempat kuliah tidak menjadi indikator tunggal dalam menentukan karier alumninya.Terdapat banyak variabel yang memberikan pengaruh besar pada alumni saat memasuki karirnya.

Berdasarkan studi penelitian menemukan bahwa IPK dan Rangking Universitas berpengaruh pada entry point karir alumni. Pada saat perekrutan pegawai, rangking universitas dan IPK cukup berpengaruh untuk menentukan posisi yang mungkin lebih tinggi daripada alumni dari rangking universitas yang rendah.

Namun, seiring berjalannya karir, soft skills menjadi variabel utama yang menentukan karir alumni. Belum tentu lulusan PT ternama atau 10 PT terbaik akan menjamin percepatan karir dibanding perguruan tinggi lainnya.

Jadi intinya bahwa rangking universitas menjadi salah satu variabel kesuksesan alumni dalam berkarir terutama pada saat perekrutan awal, tetapi bukan menjadi variabel tunggal penentu karir.

No comments: