PETUNJUK
PELAKSANAAN DEBAT BAHASA INGGRIS
DALAM
RANGKA HARI PENDIDIKAN NASIONAL
TINGKAT
SMA/MA KABUPATEN NGADA TAHUN 2021
A. MATERI
LOMBA
Kegiatan
lomba debat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menguji argumentasi
yang diberikan antara individu dan kelompok. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) debat
ialah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling
memberi alasan untuk mempertahankan pendapat atau argumen masing – masing.
Selain itu debat merupakan sebuah metode formal dalam berbicara dalam
mempertahankan argumen untuk meyakinkan pendengar (Alamsari,2003). Dalam
konteks pembelajaran debat bahasa Inggris merupakan suatu kegiatan yang sangat
penting dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan menjadikan
bahasa Inggris sebagai sarana untuk berkomunikasi.
Sejalan
dengan esensi mempelajari bahasa Inggris inilah maka dilaksanakannya kompetisi
debat Bahasa Inggris (English Debate
Competition) bagi siswa/i tingkat Sekolah Menengah Atas. Kegiatan kompetisi
debat dilaksanakan di tingkat kabupaten Ngada Provinsis Nusa Tenggara Timur
yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada..Pelaksanaan
kegiatan lomba debat bahasa Inggris dalam
rangka menyosong hari pendidikan nasional pada 2 Mei 2021. Kegiatan lomba debat
bahasa Inggris tingkat SMA mengusung
tema tentang Pendidikan dan Kesehatan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal
ini sebagai wujud komitmen Dinas Pendidikan provinsi dan kabupaten Ngada untuk
mendukung kreativitas sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar
mengajar di tengah pandemi. Pada masa satu tahun terakhir pandemi Covid-19 telah mengubah semua aspek kehidupan yang
tentunya termasuk bidang pendidikan dan kesehatan. Pandemi Covid-19 telah
mengubah segalanya baik pelaksanaan kegiatan belajar siswa di sekolah maupun di
rumah. Oleh karena itu kegiatan lomba debat bahasa Inggris merupakan momen di
mana siswa dan guru mewujudkan komitmen bahwa bahasa Inggris tidak hanya
dipelajari sebagai mata pelajaran semata namun juga sebagai sarana komunikasi
global yang harus ditumbuh kembangkan baik di kalangan guru dan juga siswa itu
sendiri sehingga daya imajinasi, berpikir kritis serta mampu menyampaikan
argumen secara baik demi tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Inggris sebagai
sarana komunikasi.
B. TUJUAN
Pelaksanaan kegiatan lomba
debat bahasa Inggris ini sebagai wujud kontribusi nyata dalam
mengimplementasikan peran bahasa Inggris dalam dunia global terutama dalam
pembelajaran siswa/i pada tingkat SMA/MA atau sederajat di Kabupaten Ngada. Ada
pun tujuan kegiatan lomba debat bahasa
Inggris yang terdiri dari tujuan umum dan khusus.
1. Tujuan Umum
Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas
wawasan para peserta didik Sekolah Menengah Atas agar mampu mengasah berpikir
kreatif dan analitis serta mampu berkomunikasi secara efektif, dalam
menyampaikan argumentasi di depan publik dengan berbahasa Inggris secara baik
dan benar serta komunikatif. Dengan demikian peserta didik di NTT mampu
bersaing secara global menuju NTT bangkit dan sejahtera melalui gerakan
restorasi pendidikan demi generasi NTT cerdas, bermartabat dan berdaya saing.
2. Tujuan Khusus
Membangun
antusiasme dan keinginan yang tinggi dari seluruh peserta lomba untuk menjadikan
bahasa Inggris sebagai media komunikasi sehari-hari dan menjadi generasi
Kabupaten Ngada yang berkompeten dan berdaya saing di bidang bahasa Inggris sehingga
terwujudnya iklim belajar yang berwawasan global dan menjadikan bahasa Inggris
sebagai media komunikasi di kalangan pelajar demi masa depan yang lebih baik.
C. TEMA
LOMBA
Tema
lomba debat bahasa Inggris adalah tentang; Pendidikan
dan pandemic covid-19. Tema ini merupakan gambaran kondisi pendidikan di
tengah pandemi yang erat kaitannya dengan masalah kesehatan terhadap
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar bagi siswa.
D. BENTUK
LOMBA
Kegiatan lomba debat bahasa Inggris yaitu setiap sekolah mengirim 1 tim debat yang pesertanya keterwakilan dari kelas X (1 peserta), XI (1 peserta), XII (1 peserta) yang dibuktikan dengan kartu pelajar atau surat keterangan dari kepala sekolah
E. PESERTA
1. Peserta
EDC adalah siswa SMA/MA atau sederajat
2.
Satu
tim harus terdiri atas tiga debaters
3.
Peserta
(debaters) adalah siswa aktif SMA/MA
(Negeri atau swasta) yang dibuktikan kartu pelajar atau surat keterangan dari kepala
sekolah.
4.
Anggota
tim tidak boleh diganti dengan alasan apapun selama perlombaan
F. MEKANISME
PELAKSANAAN LOMBA DEBAT BAHASA INGGRIS
Pelaksanaan lomba debat
bahasa Inggris ini dilaksanakan sesuai mekanisme sebagai berikut;
1. Lomba debat dilaksanakan secara daring
(online) menggunakan aplikasi zoom
2. Setiap
sekolah mengirim 1 tim debat yang terdiri dari perwakilan kelas X,XI,XII yang dibuktikan
dengan kartu pelajar atau surat keterangan dari kepala sekolah.
3. Lomba debat ini menggunakan system
debat Asian Parliamentary System
4. Tiap chamber terdiri dari 2 tim
yang saling berhadapan yakni berperan sebagai Government dan Opposition
5. Government merupakan pihak yang mendukung dan
mempertahankan mosi dan terdiri dari;
a. Prime
Minister; membuka
perdebatan, mendefenisikan mosi, dan argumen-argumen selanjutnya.
b. Deputy
Prime Minister;
membantah sanggahan yang dinyatakan oleh oposisi, menegaskan kembali
klaim-klaim pihak pro melalui argument selanjutnya.
c. Government
Whip; menyanggah apa
yang disampaikan dari pembicara (speaker)
sebelumnya serta menyampaikan argumen-argumen sebelumnya (tidak boleh ada
argument baru) dengan menyertakan contoh-contoh yang mendukung posisi tim.
d. Government
reply speaker; menyampaikan
kesimpulan, menyampaikan kembali resume alasan, pernyataan kesetujuan tim dan
kelebihan posisi mereka. Speaker tidak
diperkenankan rebuttal lagi. Reply speaker hanya dapat dilakukan oleh
pembicara 1 atau 2 dari masing – masing tim.
6.
Opposition merupakan pihak membatah dan
menegaskan mosi terdiri dari;
a. Leader of
the opposition; bertanggungjawab secara langsung terhadap argumen – argumen
Government dengan memberikan
konfrontasi langsung dan argumen – argumen lebih lanjut. Ia bisa
mempertanyakan (challenge) mosi jika mosi yang didefenisiskan PM bisa dipertanyakan
atau tidak bisa diperdebatkan
b. Deputy
Leader of the Opposition;
membantah argumen yang dikeluarkan DPM menegaskan kembali argumen oposisi dan
menguatkan argumen. Opposition; menyanggah apa yang disampaikan dari speaker sebelumnya serta menyampaikan
argumen- argumen sebelumnya (tidak boleh ada argumen baru) dengan menyatakan
conto-contoh yang mendukung posisi tim.
c. Opposition
whip; menyanggah apa
yang disampaikan dari pembicara (speaker)
sebelumnya serta menyampaikan argumen-argumen sebelumnya (tidak boleh ada
argument baru) dengan menyertakan contoh-contoh yang mendukung posisi tim.
d. Opposition
Reply Speaker; menyampaikan
kesimpulan, menyampaikan kembali seluruh resume
alasan, pernyataan kesetujuan tim dan kelebihan tim dan kelebihan posisi
mereka. Speaker tidak diperkenankan
memberi rebuttal lagi. Reply
speaker hanya dapat dilakukan oleh pembicara 1 atau 2 dari masing – masing
tim.
7.
Waktu
a. Pembicara 1 (1st speaker) dari masing – masing tim diberikan waktu
maksimal 7 menit 20 detik dengan rincian sebagai berikut:
-
Pada
menit ke 6 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali
-
Pada
menit ke 7 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali
-
20
detik setelah menit ke 7 akan diberikan ketukan tanpa henti
b. Pembicara 2 (2nd speaker) dari masing – masing tim diberi waktu
maksimal 7 menit 20 detik dengan
rincian sebagai berikut;
-
Pada
menit ke 6 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali
-
Pada
menit ke 7 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali
-
20
detik setelah menit ke 7 akan diberikan ketukan tanpa henti
c.Pembicara ke 3 (3rd
speaker) dari masing – masing tim
diberikan waktu maksimal 7 menit 20 detik
dengan rincian sebagai berikut:
-
Pada
menit ke 6 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali
-
Pada
menit ke 7 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali
-
20
detik setelah menit ke 7 akan diberikan ketukan tanpa henti
d.
Reply speaker dari masing – masing tim diberi waktu
maksimal 4 menit 20 detik dengan rincian sebagai berikut;
-
Pada
menit ke 2 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali
-
Pada
menit ke 3 akan diberikan ketukan sebanyak sebanyak 2 kali
-
20
detik setelah menit ke 4 akan diberikan ketukan tanpa henti
8. Point
of Information (POI)
a. Interupsi tidak diperkenankan pada
saat reply speaker dari masing –
masing tim berbicara
b. Interupsi diperkenankan pada saat first speaker, second speaker, dan third speaker berbicara
c. Interupsi diperkenankan apabila
diterima oleh pembicara yang diinterupsi
d. Waktu maksimal untuk menyampaikan
interupsi adalah 30 detik dan tidak diperkenankan menyampaikan POI berulang
–ulang yang bertujuan mengganggu konsentrasi lawan (trashing)
e. Hanyalah pembicara yang ditunjuk yang
diperkenankan menjawab interupsi
f.
POI
tidak boleh sebelum 1 menit pertama dan pada menit terakhir (6-7 menit 20
detik) karena pada waktu tersebut adalah
protected minutes yang bertujuan
untuk memberikan kesempatan kepada pembicara untuk menutupi dan menyimpulkan
argumentasinya.
g. Akan ada tanda ketukan setelah 1 menit
pertama sebagai tanda POI sudah dapat diberikan.
h. Pihak lawan harus berdiri saat akan
melakukan POI kepada pembicara dan juga saat menyampaikan POI.
9.
Babak
lomba
Lomba debat bahasa Inggris
dilaksanakan beberapa babak yakni;
a. Babak penyisihan (preliminary round)
dilaksanakan sebanyak 3 babak dengan lawan berbeda pada hari yang sama.
b. Jika peserta berjumlah ganjil maka
salah satu tim akan melawan swing tim
c. Empat tim teratas akan maju ke babak
selanjutnya yakni babak semi-final.
d. Tim yang menang di babak semi-final
akan maju ke babak final
e. Tim yang kalah pada babak semi-final
akan bertanding kembali memperebutkan juara 3
f.
Penentuan
Best Speaker berdasarkan jumlah poin yang diperoleh dari
tiap individu pada tiap babak
g.
Penentuan
tim yang akan menjadi semi-finalist diurutkan
dari performa dari babak penyisihan melalui 3 prioritas penilaian yaitu:
§
Victory point
Poin kemenangan ini diberikan jika tim memenangkan satu pertandingan
dalam babak penyisihan, tim yang menang akan memperoleh 1 victory point , sedangkan tim yang kalahmendapatkan 0 victory point
§
Team score
Tim
score merupakan
akumulasi dari skor pembicara dari satu pertandingan
§
Margin
Margin
ialah selisih dari total
skor yang didapatkan dari satu pertandingan debat, untuk tim yang memenangkan
perlombaan , margin-nya akan bersifat
positif, sedangkan tim yang kalah akan mendapat margin yang negative dengan
angka yang sama.
G. PENILAIAN
Kriteria penilaian
didasarkan pada kriteria sebagai berikut:
1.
Isi
(content)
Isi adalah logika
argumentasi yang disampaikan oleh para pembicara, terlepas dari gaya bicaranya.
Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data
yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumentasi lawan juga
bobot yang sama dengan argumen yang harus dibuktikan logika serta relevansinya.
Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian.
2.
Penyampaian
(style)
Penyampaian adalah cara
pendebat (debaters) menyampaikan
argumentasinya menyangkut bagaimana pembicara mengontrol dan mengelolah bahasa
tubuh, volume suara, kontak mata dan variasi ekspresi untuk membuat pidatonya
menarik dan enak didengarkan. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan
penilaian.
3.
Strategi
(strategy)
Strategi berkaitan
bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik dan
menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan dengan baik. Struktur penyampaian
juga termasuk dalam strategi. Komponen ini memiliki bobot 20% dari keseluruhan
penilaian.
Substantive
Speech
Standard
|
Overall
/100 |
Style /40 |
Content /40 |
Strategy
/20 |
Exceptional |
80 |
32 |
32 |
16 |
Excellent |
76 – 79 |
31 |
31 |
15 – 16 |
Extremely Good |
74 – 75 |
31 |
31 |
15 – 16 |
Very Good |
71 – 73 |
30 |
30 |
15 |
Good |
70 |
28 |
28 |
14 |
Satisfactory |
67 – 69 |
27 |
27 |
13 – 14 |
Competent |
65 – 66 |
27 |
27 |
12 – 13 |
Pass |
61 – 64 |
25 |
25 |
12 – 13 |
Improvement Needed |
60 |
24 |
4 |
12 |
Reply
Speech
Standard |
Overall /50 |
Style /20 |
Content /20 |
Strategy /10 |
Exceptional
|
40 |
16 |
16 |
8 |
Very
Good to Excellence |
36 – 39 |
15 |
15 |
7.5 |
Good |
35 |
14 |
14 |
7 |
Pass to
Satisfactory |
31 – 34 |
13 |
13 |
6.5 |
Improvement
Needed |
60 |
24 |
24 |
12 |
Sumber; Rubrik Penilaian National School Debating Championship 2019
H. DEWAN
JURI
1.
Dewan
Juri terdiri dari 3 (tiga) orang berasal dari unsur pengawas mata pelajaran
Bahasa Inggris Kabupaten Ngada, praktisi dan professional yang kompeten dan
berintegritas.
2.
Dewan
Juri berasal dari kalangan akademisi minimal bergelar kesarjanaan S1 pendidikan
bahasa Inggris, praktisi yang berkompeten di bidangnya.
3.
Pernah
menjadi Juri debat Bahasa Inggris baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun
nasional
4.
Bersikap
adil, independen dan bertanggungjawab terhadap keprofesionalannya.
I. MOSI
DEBAT
Mosi debat terdiri dari
dua bentuk yakni mosi yang dipersiapkan
sebalum lomba (prepared motion). Mosi
ini diberikan kepada tim debat agar dipersiapkan sebelum pelaksanaan lomba. Bentuk
mosi lainnya yakni mosi yang diberikan pada saat pelaksanaan lomba debat (Impromptu motion).Mosi ini diberkan kepada tim debat pada saat
pelaksanaan lomba sebagai bentuk challenge
terkait tema debat dan juga isu terkini kaitannya dengan tema mosi yang
telah diberikan. Adapun gambaran mosi sebagai berikut;
1. Tema mosi (heading) yang digunakan pada saat pelaksanaan debat sesuai tema
yang diberikan melalui surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara
Timur yakni;
a.Tema tentang Pendidikan (Education)
§
Pembelajaran
daring (online learning)
§
Pembelajaran
luring (offline learning)
§
Pembelajaran
tatap muka (conventional learning model)
§
Asesmen
Kompetensi Minimum (Minimum Competency
Assessment)
§
Survey
karakter (Character Survey)
b. Tema tentang kesehatan (Public Health)
§
Pandemi
Covid-19 (pandemic COVID-19)
§
Prokes
5 M (Health protocols)
2.
Tim
yang bertanding akan melakukan motion
preference untuk menentukan topik mosi yang akan diperdebatkan.
3.
Setiap
tim akan diarahkan ke chamber masing
– masing oleh Liaison Officer (LO)
4.
Setiap
tim diberikan waktu 30 menit sebelum pertandingan untuk melaksanakan case building tanpa bantuan pendamping,
pengamat atau pihak manapun.
5.
Peserta
tidak diperbolehkan untuk melakukan kontak dengan pelatih, pemantau atau
pembimbing saat mosi disampaikan
6.
Peserta
hanya diperbolehkan membawa hasil research
dalam bentuk hardcopy.
7.
Peserta
dilarang membawa handphone atau alat elektronik lainnya di saat case building atau pada saat penyampaian materi debat.
8.
Hasil
pemetaan mosi sebagai berikut:
Mosi debat dirumuskan
sesuai dengan tema yang telah diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara
Timur yakni berkaitan dengan isu-isu terkini tentang pendidikan dan kesehatan.
Hasil pemetaan mosi sebagai berikut:
a.
Mosi
Babak Penyisihan (Preliminary round)
§
Mosi
Utama (Main motions)
-
Pembelajaran
daring tidak memberikan pengaruh pada kemampuan akademik siswa karena markanya
kecurangan (THBT the online learning has
no impact on students’ intelligence)/ THBT the online learning does not
have an impact on students’ academic abilities due to widespread cheating
-
Pembelajaran
daring bukti siapnya Indonesia menghadapi globalisasi
(THBT the online learning is as Indonesia readiness towards the
globalization era)/ THBT the online learning is proof that Indonesia is
ready to face globalization
§
Mosi
Cadangan (Extra motions)
-
Penerapan
survey karakter adalah bukti melemahnya pancasila (THBT The implementation of character survey proves the weaknesses of
Pancasila)/ The implementation of character surveys is evidence of the
weakening of Pancasila
b.
Mosi
Babak Perempat final (Eliminary round/quarter final) 8 teams
§
Mosi
utama
-
Para
pedagang kaki lima harus dijadikan sebagai target utama penerima vaksin Covid-19
(THW prioritizes the distribution of
COVID-19 vaccines to the street vendors) The street vendors should be the
main target for Covid-19 vaccine recipients
§
Mosi
Cadangan
-
Realisasi
AKM merupakan sikap adil Negara pada kondisi sekolah di seluruh wilayah Indonesia
(THBT the Minimum Competency Assessment
is as a fairness standardize in evaluating all schools in Indonesia) The
implementation of the AKM is the state’s fair attitude towards school
conditions in all regions of Indonesia
c.
Mosi
Babak Semi Final/4 teams
§
Mosi
Utama
-
Penerapan
AKM menghilangkan apa yang telah dipelajari siswa pada mata pelajaran seperti
bilogoi, fisika, kimia, sosiologi, dan lain-lain. (THBT the Implementation of AKM is to deny the integration of other learning
subjects such as Biology, Physics, Chemistry, Sociology etc.)/ The
implementation of AKM eliminates what students have learned in subjects such as
biology, chemistry, sociology etc.
-
Negara
gagal dalam menangani bencana pandemi sebagai bentuk kejahatan terhadap
keselamatan manusia (THBT the state’s
failure to address a pandemic should be considered as a crime against humanity)
§
Mosi
Cadangan
- Pembelajaran luring merupakan bukti miskinya
Negara Indonesia (THBT the offline
learning proves the state’s failure in education management)
d.
Mosi
Babak Grand Final/2 teams
§
Mosi
Utama
-
Aktivitas
tatap muka pada kegiatan politik merupakan penyebab tingginya penyebaran virus
COVID-19 (THBT the offline learning will
increase the amount of students suspect of COVID-19)
§
Mosi
Cadangan
- Penerapan 5M dan 3T merupakan solusi
nasional yang tidak solutif (THBT the application
of 5M and 3T is a state’s solution which has no solution)
J. PERATURAN
LOMBA
Pada lomba debat Bahasa
Inggris peserta debat dari setiap tim harus memperhatikan aturan lomba sebagai
berikut;
1.
Tim
debat wajib hadir maksimal 30 menit sebelum sesi debat dimulai untuk melakukan
registrasi ulang. Pengurangan poin diberikan apabila peserta debat datang
terlambat tanpa pemebritahuan sebelumnya.
2.
Tim
akan didiskualifikasi apabila tidak hadir hingga waktu case building
3.
Selama
mengikuti kegiatan debat semua peserta wajib mengenakan seragam nasional atau
seragam yayasan serta bersepatu.
4.
Keanggotaan
tim yang telah didaftarkan dan jika berhalangan di saat debat berlangsung tidak
bisa digantikan oleh orang lain
5.
Apabila
terdapat tim yang tidak mengikuti salah satu ronde, maka akan mendapatkan VP 0
dan margin -3 pada ronde tersebut. Berlaku akumulatif Tim yang lawannya tidak
hadir maka akan bertanding melawan tim
juga yang lawannya tidak hadir. Jika tidak terdapat tim lain yang
lawannya tidak hadir, maka tim tersebut akan melawan swing team.
6.
Jika
terdapat tim yang memiliki VP sama, maka peringkat akan memperhatikan margin.
Jika margin tim tersebut sama, maka akan ditentukan berdasarkan skor tiap tim
7.
Jika
tim yang melaju ke babak final berhalangan hadir waktu pelaksanaan kompetisi
dan melakukan konfirmasi kepada panitia maksimal H-1, maka tim yang berada pada
peringkat kelima yang berhak maju ke babak final
8.
Saat
case building dan debat berlangsung,
seluruh media elektronik peserta dikumpulkan oleh LO
9.
Peserta
yang melakukan kecurangan dalam bentuk apapun akan didiskualifikasi.
10. Keputusan dewan juri tidak dapat
diganggu gugat
K. ISTILAH
DIPAKAI DALAM MOSI
THW: This House Would
(Dewan ini akan)
THBT: This House Believes
That (Dewan Ini Meyakini Bahwa)
THS: This House Supports
(Dewan Ini Mendukung)
THP: This House Prefers
(Dewan Ini Lebih Memilih)
THR: This House Regrets
(Dewan Ini Menyesali)
L. HADIAH
PEMENANG
Tim debat yang menjadi
pemenang dalam lomba debat bahasa Inggris akan mendapatkan uang pembinaan dan
sertifikat dengan ketentuan sebagai berikut:
Juara 1: RP 500.000
Juara II: Rp 350.000
Juara III: RP 200.000
Best Speaker: Rp100.000
M. Lampiran
Lampiran
1. Format debat Asian Parliamentary
a.
Debate
System
This debate competition
runs by using Asian Parliamentary System. The debate system as follow;
1.
Three
speakers of each team
2.
For
substantive speeches, 5 minutes one knock at the first and 4th
minutes. Two knocks at 5th minute and continues knocks after 5.20.
POIs allowed during substantive speeches.
3.
For
reply, 3 minutes. One knock at the 2nd minute, two knocks at the 3rd
minute and continues knock after 3.20. No PIOs allowed during reply speeches.
4.
Speakers’
role are attached
5.
Adjudication
functions are also attached
6.
Motions
are all prepared and 30 minutes for case building
7.
There
will be a preliminary round and followed by Semi-final and grand final
8.
Match
up for preliminary will be made with the priorities will be made with the
priorities as follows:
-
Victory
point: Each win+1, each loss +0
-
Team
score: The average score of the team, including dissenting adjudicators
-
Margin:
The subs traction of score team and their opponent’s
9.
In
the preliminary and elimination round, side (government or opposition) will be
determined by coin toss
10. Adjudicator’s decision cannot be
cancelled, but we can seek for responsibility
11. Case building may not be involve
anyone other than the three team members
12. During case building, team members may
not communicate with anyone other than their teammates. Using of cell phones is
strictly prohibited. Urgent usage for personal matters would be required
approval of the Liaison Officer (LO)
13. “Three knocks out” apply. Team will be
given two warnings due to violations of rule 11 and 12. Third violations will
be sanctioned disqualification from the entire competition
14. Teams may use printed materials or
notes during case building time. The uses of electronic dictionaries are not
allowed.
15. Printed materials may not be brought
to the speaker’s podium
16. Speakers may bring the stopwatches to
the podium
17. Time signals given by audiences,
coaches, or anyone are allowed as long as it does not disturb the debate
18. A team members is coming late during
case building time will not be a reason for case building time extension
b.
Rounds
All teams participating in
English Debate Competition (EDC) will debate in the preliminary round,
consisting of five debating rounds. Based on the results of the preliminary
rounds, with the highest score victory points/VP (points of winning), team
score (accumulation of speaker’s score in a team), and margin (the score
difference between the team and the opponent) will be chosen as the breaking
teams that will proceed to the eliminary round. The eliminary round consists (8
teams) of quarterfinal, semifinal (4 teams), Grand final (2 teams)
c.
Speakers’
Job Descriptions
Affirmative/Government |
Negative/Opposition |
|
1st Speaker |
-
Giving
definition -
Giving
a theme line and stating stance -
Giving
a team split -
Deliver
argument -
Summary
|
-
Accept
definition/challenge invalid definition -
Giving
theme line a and stating stance -
Giving
a theme split -
Deliver
rebuttals -
Deliver
argument -
Summary
|
2nd Speaker |
-
Defend
previous team mate arguments, and rebut -
Deliver
argument -
Summary
|
-
Same
as affirmative |
3rd speaker |
-
Rebuttals
-
No
new argument -
Summary
|
-
Same
as affirmative |
Reply speaker |
-
Summary
and biased debate over view -
No
new argument and rebuttal -
Why
should we win? |
-
Same
as affirmative |
d. Mechanism
1.
Motion
launches, match-up, and any kind of announcement will be done in virtual
debaters hall
2.
The
match-ups and position of the teams on the debate determined by their position
on the standings except for the first round the position is determined in
random order
3.
The
standing is determined by the victory points, team score, and margin of the teams.
4.
The
system used in the match-ups is break-and-slide. System in which teams face
opponents with the same victory points to create more fairness and
competitiveness. Break and slides is match-up system in which teams are set to
meet opponent of the same number of victory points in every round of the
preliminary. This system is used widely in most debate competition nowadays and
considered as the most fair match-up system so far.
5.
There
will be two kinds of motions during this competition; prepared and impromptu
motions. Prepared motions are those
which have been published in the web weeks before the competition. Impromptu motions are those which
challenge participants to come up with arguments they have not prepared
beforehand.
Lampiran
2. Petunjuk bagi LO 15/3
LIAISON OFFICER
SURVIVAL GUIDE
(Read By Chairperson. Timekeeper text and instructions
will be indicated)
(When
everyone has entered the room, and taken a seat)
Welcome to the _____Preliminary_
round of English Debate Competition of Senior High School Level of Ngada
Regency__________. My
name is __Sipri______________ as the Chairperson and the Timekeeper of the debate.
The motion today is __THBT the
online learning has no impact on students’ capabilities/intelligence_______________________________.
Acting
as Government, we have SMA__Regina Pacis Bajawa____________. With:
Mr/Ms_________Nadila
Dhone______ as the 1st speaker
Mr/Ms__________Ambu Kodo_____
as the 2nd speaker
Mr/Ms_________Ambu Kodo______
as the 3rd speaker
And Mr/Ms________Nadila Dhone_______ as the Reply speaker
Acting
as Opposition, we have SMA__Smandu Baawa____________. With:
Mr/Ms_________Yuan Kanni______
as the 1st speaker
Mr/Ms___________Navis
Trinanda____ as the 2nd speaker
Mr/Ms__________Grae Odje_____
as the 3rd speaker
And Mr/Ms__________Yuan Kanni_____ as the Reply speaker
The
panel of adjudicators consists of:
Mr Jenny Rato________
From_____ as Chair,
Mr. Bene Wontong_________
From_____
Ms Memy Loda___________
From_____
(If
Single adjudicator, say “…as single adjudicator” instead of “...as
chair)
#Each substantive speech will
be given 7
minutes to be delivered. There will be one knock (Timekeeper knocks
once) after the 1st minute and by the 6th minute. In between those
knocks, POIs are allowed to be offered and must not last any longer than 15
seconds. POIs offered beyond the time range mentioned previously are
prohibited.
On the 7th minute, the timekeeper will
knock twice (Timekeeper knocks twice) to indicate that the time is up.
If the speaker continues speaking after 7 minutes and 20 seconds, the
timekeeper will knock continuously and further continuance will be penalized (Timekeeper
knocks a few times, and more than twice).
Reply speeches will be given 5 minutes to
be delivered. There will be one knock (Timekeeper knocks once) after the
1st and twice on the 5rd minute (timekeeper
knocks twice). If the speaker continues speaking after 5 minutes and 20 seconds, the
timekeeper will knock continuously and further continuance will be penalized (Timekeeper
knocks a few times, and more than twice). POIs during reply speeches are
prohibited.##
(#-## only read in
preliminary round 1. After that, just skip.)
Before we start the debate, I
would remind everyone in this room to maintain order and keep silence during
the debate. Please turn off your mobile phone, pager, or any sound producing
device that may disturb the debate. And please do not enter or leave the room
during speeches.
Now to open the debate, I
summon the 1st speaker of the government, Mr/Ms__________
(Note: Timekeeper get
ready with stopwatch)
(1st Speaker government speech
Nadila)
(After 1st government
finish, Timekeeper say : “The 1st speaker of the government
spent __4_minutes and _15__seconds)
To respond the case of the
government, I summon the 1st speaker of the opposition, Mr/Ms______Berto___
(1st Speaker opposition
speech…………………………….)
(After 1st negative
finish, Timekeeper say : “The 1st speaker of the opposition
spent __7_minutes and __24_seconds)
To extend the case of the
government, I summon the 2nd speaker of the government,
Mr/Ms________Yuan
(2nd Government negative
speech…………………………….)
(After 2nd government
finish, Timekeeper say : “The 2st speaker/Prime Minister of
the government spent __3_minutes and __15_seconds)
To extend the case of the
opposition, I summon the 2nd speaker of the opposition, Mr/Ms_______Berto__
(2nd opposition negative
speech…………………………….)
(After 2nd opposition
finish, Timekeeper say : “The 2nd speaker of the opposition
spent _4__minutes and _15__seconds)
For final response towards
the opposition, I summon the 3rd speaker of the government,
Mr/Ms_____Ambu_____
(3rd government speech…………………………….)
(After 3rd government
finish, Timekeeper say : “The 3rd speaker/Government whip
spent __3_minutes and _44__seconds)
For final response towards
the government, I summon the 3rd speaker of the opposition,
Mr/Ms_____Grace_____
(3rd opposition speech…………………………….)
(After 3rd opposition
finish, Timekeeper say : “The 3rd speaker of the opposition
spent _6__minutes and _15__seconds)
To end the case of the
opposition bench, I call forth their reply speaker, Mr/Ms___Yuan_______
(Opposition reply speech…………………………….)
(After opposition reply finish, Timekeeper
say : “The reply speech of the opposition spent _3__minutes and _14__seconds)
To end the debate, I call
forth the government reply speaker, Mr/Ms__________
(government reply speech………………Nadila…………….)
(After government reply finish, Timekeeper
say : “The reply speech of the government spent _3__minutes and _59__seconds)
Now
the debate has ended. I would like to ask all debaters and audiences to leave
the room for a while, to give time for the adjudicators to conclude their
results.
(Everyone
must leave the room except for the adjudicators and LO)
(Timekeeper
leave the room and bring adjudicator sheet speed ballot to tabulation desk, don’t
let anyone see!)
(Chairperson
call the debaters back to the room. You do not need to wait for the timekeeper
to return)
(after
everyone has entered the room and taken a seat)
For
the Chair Adjudicator, please give your verbal adjudication.
(chair
adjudicator gives verbal adjudication)
Congratulations
for both teams and good luck for the next rounds, I hereby close this rounds.
Please
return to the debater’s hall.
Remember,
do not announce the winner in the 3rd Preliminary!
Contoh
yang ditulis di papan tulis:
Motion
: …….. |
||
|
|
|
Government Team : (Institution Name) |
|
Opposition Team : (Institution Name) |
1st Speaker : Mr./Ms. ….. |
|
1st Speaker : Mr./Ms. ……. |
2nd Speaker : Mr./Ms. ……. |
|
2nd Speaker : Mr./Ms. ………. |
3rd Speaker : Mr./Ms. ……. |
|
3rd Speaker : Mr./Ms. ……. |
Reply Speaker : Mr./Ms. …… |
|
Reply Speaker
: Mr./Ms. …….. |
|
Adjudicator
|
|
·
Do not write
the nick name. It should be their complete name / at least their first name.
Lampiran
3. Lembar Penilaian Bagi Juri
ADJUDICATION SHEET
Chair / Panel
Round : _________________ Room : __________ Adjudicator :
__________________________
Motion :
____________________________________________________________________________________
GOVERNMENT : _________________________ OPPOSITION
: _______________________________
Order |
Name |
Total (69 – 81) |
|
Order |
Name |
Total (69 – 81) |
1st |
Nadila |
|
|
1st |
Berto |
|
2nd |
Yuan |
|
|
2nd |
|
|
3rd |
Meyscha |
|
|
3rd |
|
|
(Reply speech is scored as
half of substantive speech) |
(34,5– 40,5) |
|
(Reply speech is scored as half of substantive
speech) |
(34,5– 40,5) |
||
Reply |
|
|
|
Reply |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Winner :
Government / Opposition Signature:
Best
Speaker :
______________________________
Margin : ______________________________ (________________________)
ADJUDICATION SHEET
Chair / Panel
Round : _________________ Room : __________ Adjudicator :
__________________________
Motion :
____________________________________________________________________________________
GOVERNMENT : _________________________ OPPOSITION
: _______________________________
Order |
Name |
Total (69 – 81) |
|
Order |
Name |
Total (68 – 82) |
1st |
|
|
|
1st |
|
|
2nd |
|
|
|
2nd |
|
|
3rd |
|
|
|
3rd |
|
|
(Reply speech is scored as
half of substantive speech) |
(34,5– 40,5) |
|
(Reply speech is scored as half of substantive speech) |
(34,5– 40,5) |
||
Reply |
|
|
|
Reply |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Winner :
Government / Opposition Signature:
Best
Speaker :
______________________________
Margin : ______________________________ (________________________)
Catatan:
Sistem dan petunjuk teknis pelasanaan
debat adalah hasil adaptasi dari lomba FLS2N tahun 2020 (National Schools Debating Championship or NSDC) dan Kompetisi
ekonomi (Kompek) ke 23 pada mata lomba English
Debate Competition (EDC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Indonesia tahun 2021
LIAISON OFFICER
SURVIVAL GUIDE
(Read By Chairperson. Timekeeper text and instructions
will be indicated)
(When
everyone has entered the room, and taken a seat)
Welcome to the Quarter Final_ round
of English Debate Competition of Senior High School Level of Ngada Regency__________. My name
is __Sipri______________ as the Chairperson and the Timekeeper of the debate.
The motion today is __THBT the
implementation of character survey proves the weaknesses of Pancasila______________.
Acting
as Government, we have SMA__Regina Pacis Bajawa____________. With:
Mr/Ms_________Navis______
as the 1st speaker
Mr/Ms__________Yuan_____
as the 2nd speaker
Mr/Ms_________Ambu Kodo______
as the 3rd speaker
And Mr/Ms________Yuan
Acting
as Opposition, we have SMA__Smansagol ____________. With:
Mr/Ms_________Nadila______
as the 1st speaker
Mr/Ms___________Grace____
as the 2nd speaker
Mr/Ms__________Grae Odje_____
as the 3rd speaker
And Mr/Ms__________Nadila_____ as the Reply speaker
The
panel of adjudicators consists of:
Mr Jenny Rato________
From_____ as Chair,
Mr. Bene Wontong_________
From_____
Ms Memy Loda___________
From_____
Now to open the debate, I
summon the 1st speaker of the government, Mr/Ms__________
(Note: Timekeeper get
ready with stopwatch)
(1st Speaker government speech Navis)
(After 1st government
finish, Timekeeper say : “The 1st speaker of the government
spent _7__minutes and _23__seconds)
To respond the case of the
government, I summon the 1st speaker of the opposition, Mr/Ms____Nadila__ ____
(1st Speaker opposition
speech…………………………….)
(After 1st negative
finish, Timekeeper say : “The 1st speaker of the opposition
spent _7_minutes and _24__seconds)
To extend the case of the
government, I summon the 2nd speaker of the government, Mr/Ms_______Yuan_ __
(2nd Government negative
speech…………………………….)
(After 2nd government
finish, Timekeeper say : “The 2st speaker/Prime Minister of
the government spent _5_minutes and _36__seconds)
To extend the case of the
opposition, I summon the 2nd speaker of the opposition, Mr/Ms_______Grace__
(2nd opposition negative
speech…………………………….)
(After 2nd opposition
finish, Timekeeper say : “The 2nd speaker of the opposition
spent _4__minutes and _52__seconds)
For final response towards
the opposition, I summon the 3rd speaker of the government,
Mr/Ms_____Ambu_____
(3rd government speech…………………………….)
(After 3rd government
finish, Timekeeper say : “The 3rd speaker/Government whip
spent ___minutes and ___seconds)
For final response towards
the government, I summon the 3rd speaker of the opposition,
Mr/Ms_____Meyscha_____
(3rd opposition speech…………………………….)
(After 3rd opposition
finish, Timekeeper say : “The 3rd speaker of the opposition
spent _6__minutes and _29__seconds)
To end the case of the
opposition bench, I call forth their reply speaker, Mr/Ms___Nadila
(Opposition reply speech…………………………….)
(After opposition reply finish, Timekeeper
say : “The reply speech of the opposition spent __3_minutes and _46__seconds)
To end the debate, I call
forth the government reply speaker, Mr/Ms__________
(government reply speech………………Nadila…………….)
(After government reply finish, Timekeeper
say : “The reply speech of the government spent _3__minutes and _19__seconds)
Now
the debate has ended. I would like to ask all debaters and audiences to leave
the room for a while, to give time for the adjudicators to conclude their
results.
(Everyone
must leave the room except for the adjudicators and LO)
(Timekeeper
leave the room and bring adjudicator sheet speed ballot to tabulation desk, don’t
let anyone see!)
(Chairperson
calls the debaters back to the room. You do not need to wait for the timekeeper
to return)
(after
everyone has entered the room and taken a seat)
For
the Chair Adjudicator, please give your verbal adjudication.
(chair
adjudicator gives verbal adjudication)
Congratulations
for both teams and good luck for the next rounds, I hereby close this rounds.
Please
return to the debater’s hall.
Remember,
do not announce the winner in the 3rd Preliminary!
Contoh
yang ditulis di papan tulis:
Motion
: …….. |
||
|
|
|
Government Team : (Institution Name) |
|
Opposition Team : (Institution Name) |
1st Speaker : Mr./Ms. ….. |
|
1st Speaker : Mr./Ms. ……. |
2nd Speaker : Mr./Ms. ……. |
|
2nd Speaker : Mr./Ms. ………. |
3rd Speaker : Mr./Ms. ……. |
|
3rd Speaker : Mr./Ms. ……. |
Reply Speaker : Mr./Ms. …… |
|
Reply Speaker
: Mr./Ms. …….. |
|
Adjudicator
|
|
·
Do not write
the nick name. It should be their complete name / at least their first name.
No comments:
Post a Comment