5.11.21

Sistem Debat Parlemen Asia "Asian Parlementary System"

VOXRATEWATI.Com. By Wara Cypriano



          Gambar Ilustrasi: www.Google.com


A. PEDOMAN UMUM LOMBA DEBAT BAHASA INGGRIS 

1. Kompetisi debat dilaksanakan bisa dilaksanakan secara tatap muka (offline) atau dalam jaringan (online)

2. Setiap kelas mengirim 1 tim debat yang terdiri dari 3 peserta.

3.Kompetisi debat ini menggunakan system debat Asian Parliamentary  System

4.   Tiap chamber  terdiri dari 2 tim yang saling berhadapan yakni berperan sebagai Government dan Opposition

5. Government merupakan pihak yang mendukung dan mempertahankan mosi dan terdiri dari;

a.Prime Minister; membuka perdebatan, mendefenisikan mosi, dan argument-argumen selanjutnya.

b.Deputy Prime Minister; membantah sanggahan yang dinyatakan oleh oposisi, menegaskan kembali klaim-klaim pihak pro melalui argument selanjutnya.

c.Government Whip; menyanggah apa yang disampaikan dari pembicara (speaker) sebelumnya serta menyampaikan argument-argumen sebelumnya (tidak boleh ada argument baru) dengan menyertakan contoh-contoh yang mendukung posisi tim.

d.Government reply speaker; menyampaikan kesimpulan, menyampaikan kembali resume  alasan, pernyataan kesetujuan tim dan kelebihan posisi mereka. Speaker tidak diperkenankan rebuttal lagi. Reply speaker hanya dapat dilakukan oleh pembicara 1 atau 2 dari masing – masing tim.

6. Opposition merupakan pihak membatah dan menegaskan mosi terdiri dari;

a.Leader of Opposition; bertanggungjawab secara langsung terhadap terhadap argumen – argumen Government dengan memberikan konfrontasi langsung dan argumen – argumen lebih lanjut. Ia bisa mempertanyakan  (challenge) mosi jika mosi yang didefenisiskan PM bisa dipertanyakan atau tidak bisa diperdebatkan

b. Deputy Leader of Opposition; membantah argumen yang dikeluarkan DPM menegaskan kembali argumen oposisi dan menguatkan argumen. Opposition  menyanggah apa yang disampaikan dari speaker sebelumnya serta menyampaikan argumen- argumen sebelumnya (tidak boleh ada argumen baru) dengan menyatakan conto-contoh yang mendukung posisi tim.

c. Oppition Whip

c.Opposition Reply Speaker;menyampaikan kesimpulan, menyampaikan kembali seluruh resume alasan, pernyataan kesetujuan tim dan kelebihan tim dan kelebihan posisi mereka. Speaker tidak diperkenankan memberi rebuttal  lagi. Reply speaker hanya dapat dilakukan oleh pembicara 1 atau 2 dari masing – masing tim.

7.    Waktu

a.  Pembicara 1 (1st speaker) dari masing – masing tim diberikan waktu maksimal 7 menit 20 detik dengan perincian sebagai berikut:

-Pada menit ke 6 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali

-Pada menit ke 7 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali

- Pada 20 detik setelah menit ke 7 akan diberikan ketukan tanpa henti

b. Pembicara 2 (2nd speaker) dari masing – masing tim diberi waktu maksimal 7 menit 20 detik dengan rincian sebagai berikut;

- Pada menit ke 6 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali

- Pada menit ke 7 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali

- 20 detik setelah menit ke 7 akan diberikan ketukan tanpa henti

c.  Pembicara ke 3 (3rd speaker)  dari masing – masing tim diberikan waktu maksimal 7 menit 20 detik dengan perincian sebagai berikut:

- Pada menit ke 6 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali

- Pada menit ke 7 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali

- 20 detik setelah menit ke 7 akan diberikan ketukan tanpa henti

d.  Reply speaker dari masing – masing tim diberi waktu maksimal 4 menit 20 detik dengan rincian sebagai berikut;

-Pada menit ke 2 akan diberikan ketukan sebanyak 1 kali

-Pada menit ke 3 akan diberikan ketukan sebanyak sebanyak 2 kali

- Pada detik ke 20 setelah menit ke 4 akan diberikan ketukan tanp

8.    Point of Information  (POI)

a.Interupsi tidak diperkenankan pada saat reply speaker dari masing – masing tim berbicara

b.Interupsi diperkenankan pada saat first speaker, second speaker, dan third speaker berbicara

c.Interupsi diperkenankan apabila diterima oleh pembicara yang diinterupsi

d.Waktu maksimal untuk menyampaikan interupsi adalah 3o detik dan tidak diperkenankan menyampaikan POI berulang –ulang yang bertujuan mengganggu konsentrasi lawan (trashing)

e. Hanyalah pembicara yang ditunjuk yang diperkenankan menjawab interupsi

f. POI tidak boleh sebelum 1 menit pertama dan pada menit terakhir (6-7 menit 20 detik) karena pada waktu tersebut  adalah protected minutes yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pembicara untuk menutupi dan menyimpulkan argumentasinya.

g.Akan ada tanda ketukan setelah 1 menit pertama sebagai tanda POI sudah dapat diberikan.

h.Pihak lawan harus berdiri saat akan melakukan POI kepada pembicara dan juga saat menyampaikan POI.

 

B.MEKANISME PELAKSANAAN DEBAT

1. Salah satu contohnya, Ada 35 tim yang mengikuti kegiatan lomba debat yakni kelas X ada 12 tim, kelas XI ada 12 tim serta kelas XII berjumlah 11 tim.

2.  Pengelompokan tim terdiri dari 6 grup dengan pembagian setiap grup terdiri dari 5-6 tim.

3. Babak penyisihan (preliminary round) dilaksanakan sebanyak 4-5 babak dengan lawan berbeda pada hari yang sama.

4. Jika peserta berjumlah ganjil maka salah satu tim akan melawan swing tim

5. Babak lomba terdiri dari 4 babak yakni; babak penyisihan 12 tim yakni 2 tim nilai tertinggi setiap grup, babak enam besar yakni 6 tim, babak 4 besar atau semi-final serta 2 tim babak final. Penentuan juara 3 berdasarkan perolehan nilai tertinggi pada babak semi-final.

6. Penentuan tim yang lolos ke tahap selanjutnya dengan melihat perolehan poin tertinggi pertama dan kedua.

7.  Dua belas  tim teratas akan maju ke babak selanjutnya yakni babak 12 besar.

8. Selanjutnya  ada 6 tim yang  akan maju ke babak 6 besar

9.  Dari 6 tim ada 4 tim yang melaju ke babak semi-final

10.  Dari 4 tim ada 2 tim yang lolos ke babak grand final

11.Penentuan Best Speaker  berdasarkan jumlah poin yang diperoleh dari tiap individu pada tiap babak

12.Penentuan tim yang akan menjadi semi-finalist diurutkan dari performa dari babak penyisihan melalui 3 prioritas penilaian yaitu:

a.    Victory point

Poin kemenangan  ini diberikan jika tim memenangkan satu pertandingan dalam babak penyisihan, tim yang menang akan memperoleh 1 victory point , sedangkan tim yang kalahmendapatkan 0 victory point

b.  Team score

Tim score merupakan akumulasi dari skor pembicara dari satu pertandingan

c.   Margin

Margin ialah selisih dari total skor yang didapatkan dari satu pertandingan debat, untuk tim yang memenangkan perlombaan , margin-nya akan bersifat positif, sedangkan tim yang kalah akan mendapat margin yang negative dengan angka yang sama.

13.Semua tim debat wajib mengikuti coaching bersama juri agar dapat memahami mekanisme dan aturan debat secara baik dan benar.

 

C.   PENILAIAN

Kriteria penilaian didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

1.    Isi (content)

Isi adalah logika argumentasi yang disampaikan oleh para pembicara, terlepas dari gaya bicaranya. Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topic debat. Sanggahan terhadap argumentasi lawan juga bobot yang sama dengan argumen yang harus dibuktikan logika serta relevansinya. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian.

2.    Penyampaian (style)

Penyampaian adalah cara pendebat (debaters) menyampaikan argumentasinya menyagkut bagaimana pembicara mengontrol dan mengelolah bahasa tubuh, volume suara, kontak mata dan variasi ekspresi untuk membuat pidatonya menarik dan enak didengarkan. Komponen ini memiliki bobot 40% dari keseluruhan penilaian.

3.    Strategi (strategy)

Strategi berkaitan bagaimana pembicara memanfaatkan wwaktu yang diberikan dengan baik dan menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan dengan baik. Struktur penyampaian juga termasuk dalam strategi. Komponen ini memiliki bobot 20% dari keseluruhan penilaian.

        Substantive Speech

Standard

Overall

/100

Style

/40

Content

/40

Strategy

/20

Exceptional

80

32

32

16

Excellent

76 – 79 

31

31

15 – 16 

Extremely Good

74 – 75

31

31

15 – 16

Very Good

71 – 73

30

30

15

Good

70

28

28

14

Satisfactory

67 – 69

27

27

13 – 14

Competent

65 – 66

27

27

12 – 13

Pass

61 – 64

25

25

12 – 13

Improvement Needed

60

24

4

12

                Reply Speech

Standard

Overall

/50

Style

/20

Content

/20

Strategy

/10

Exceptional

40

16

16

8

Very Good to Excellence

36 – 39

15

15

7.5

Good

35

14

14

7

Pass to Satisfactory

31 – 34

13

13

6.5

Improvement Needed

60

24

24

12

 

D.   PETUNJUK TEKNIS

1.    Penjelasan sistem debat, jadwal tanding, dan list mosi akan diinformasikan saat technical meeting

2.    Mosi terdiri dari 2 bentuk yakni prepared motion atau mosi persiapan dan Impromptu motion atau challenge motion yakni mosi yang diberikan sesuai tema sebagai tantangan bagi debaters. Dalam kegiatan lomba kali ini dari 10 mosi yang diberikan semuanya diperuntukan dari babak penyisihan sampai babak final. Maka dari itu, semua tim diharapkan menyiapkannya secara baik.

a. Tema mosi (heading) Tema tentang Pendidikan, kesehatan. Bahasa serta peran kaum muda.

-    Pembelajaran online

-    Pembelajaran offline

-    Assessment National (AN); AKM, Survey Karakter serta Survey Lingkungan Belajar

b.    Tema tentang kesehatan

-    Pandemic Covid-19

c.    Tema tentang peran kaum muda dan bahasa

- Kaum muda berkreasi melalui Bahasa

 

3.    Tim yang akan bertanding akan melakukan motion preference untuk menentukan topik mosi yang akan diperdebatkan.

4. Setiap tim akan diarahkan ke chamber masing – masing oleh Liason Officer (LO)

5. Setiap tim diberikan waktu 30 menit sebelum pertandingan untuk melaksanakan case building tanpa bantuan pendamping, pengamat atau pihak manapun.

6.Peserta tidak diperbolehkan untuk melakukan kontak dengan pelatih, pemantau atau pembimbing saat mosi disampaikan

7.Peserta hanya diperbolehkan membawa hasil research dalam bentuk hardcopy.

8.Peserta dilarang membawa handphone atau alat elektronik lainnya di saat case building atau pada saat  penyampaian materi debat.

 

E.    MOSI DEBAT

Hasil pemetaan mosi sebagai mosi persiapan (prepared motions) sebagai berikut:

1. Dewan ini meyakini bahwa pembelajaran daring tidak memberikan dampak pada peningkatan kemampuan siswa karena maraknya kecurangan (THBT online learning does not have an impact on students’ abilities due to of cheating

2. Dewan ini meyakini bahwa pembelajaran daring bukti siapnya Indonesia menghadapi era globalisasi (THBT believe that, online learning proof that Indonesia is readiness towards the global era)

3. Dewan ini meyakini bahwa penerapan survey karakter adalah bukti melemahnya pancasila (This house believes that, the implementation of character survey is evidence the declining in Pancasila values)

4. Dewan ini meyakini bahwa Pelaksanaan Tatap Muka Terbatas tidak menjamin kualitas belajar siswa (THBT, the implementation of limited face-to-face learning does not gurantee the quality of students’ learning)

5.Dewan ini mendukung bahwa penerapan sanksi pada masyarakat yang menolak vaksinasi virus COVID-19 adalah adalah bentuk edukasi kesehatan yang tepat. (THS, the implementation of punishment to the citizens who refuse vaccines as an appropriate form of health education)

6.Dewan ini menyesali bahwa kartu vaksin dijadikan syarat administrasi bagi pelaku perjalanan sehingga terjadi peningkatan kasus virus corona (THR that the vaccine card is used as a requirement for travellers as cause the high cases of covid-19 patients)

7. Dewan ini meyakini bahwa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang berorientasi pada kekuatan fisik mendorong siswa melakukan tindakan kriminal (THBT,the school extracurricular activities that are oriented towards physical strength, encourage students to commit crimes in their social life)

8. Dewan ini meyakini bahwa trend penggunaan bahasa Inggris di kalangan generasi muda memudarnya eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (THBT, the trend of using English among the young generation is the fading of Indonesian as a unified language)

9. Dewan ini meyakini bahwa perayaan peringatan hari sumpah pemuda hanya seremonial belaka bukan wujud rasa nasionalisme bagi siswa (THBT, the commemoration of the youth day is only ceremonial not a manifestation as sense of nationalis among the students)

10.Dewan ini mendukung bahwa Program Indonesia PIntar diberikan kepada siswa berprestasi bukan kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin. (THS that Smart Indonesian Program distributed to an achievement students not to the students come from low economic condi

F.    PERATURAN KOMPETISI DEBAT

1.Tim debat wajib hadir maksimal 30 menit sebelum sesi debat dimulai untuk melakukan registrasi ulang. Pengurangan poin diberikan apabila peserta debat datang terlambat tanpa pemebritahuan sebelumnya.

2.Tim akan didiskualifikasi apabila tidak hadir hingga waktu case building

3. Selama mengikuti kegiatan debat semua peserta wajib mengenakan seragam nasional atau seragam yayasan serta bersepatu.

4.Keanggotaan tim yang telah didaftarkan dan jika berhalangan di saat debat berlangsung tidak bisa digantikan oleh orang lain

5.  Apabila terdapat tim yang tidak mengikuti salah satu ronde, maka akan mendapatkan VP 0 dan margin -3 pada ronde tersebut. Berlaku akumulatif Tim yang lawannya tidak hadir maka akan bertanding melawan tim  juga yang lawannya tidak hadir. Jika tidak terdapat tim lain yang lawannya tidak hadir, maka tim tersebut akan melawan swing team.

6.  Jika terdapat tim yang memiliki VP sama, maka peringkat akan memperhatikan margin. Jika margin tim tersebut sama, maka akan ditentukan berdasarkan skor tiap tim

7. Jika tim yang melaju ke babak final berhalangan hadir waktu pelaksanaan kompetisi dan melakukan konfirmasi kepada panitia maksimal H-1, maka tim yang berada pada peringkat kelima yang berhak maju ke babak final

8.Saat case building dan debat berlangsung, seluruh media elektronik peserta dikumpulkan oleh LO

9.Peserta yang melakukan kecurangan dalam bentuk apapun akan didiskualifikasi.

10.Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat

G.   ISTILAH DIPAKAI DALAM MOSI

THW    : This House Would (Dewan ini akan…Wajib berikan proposal)

THBT  : This House Believes That (Dewan Ini Meyakini Bahwa)

THS  : This House Support (Dewan Ini Mendukung)

THP : This House Prefers (Dewan Ini Lebih Memilih)

THR   : This House Regrets (Dewan Ini Menyesali)

 

H.   HADIAH PEMENANG

Juara 1                        :  

Juara II                        :

Juara III                       :

Best Speaker  :

J. SUMBER 

- Diadaptasi dari pedoman teknis lomba debat bahsa Inggris (National School Debating Championship, NSDC) tahun 2020 dan pedoman teknis lomba debat bahasa Inggris bidang Ekonomi (Economy Debate Championship, EDC) oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia tahun 2020



No comments: