12/27/23

"Life Starts At Forty"

VOXRATEWATI.Com. By Wara Cypriano

Foto insert: Koleksi Pribadi
  

"Life Begins At Forty" oleh Walter B. Pitkin dalam bukunya Self-help. Ungkapan tua ini menggambarkan bahwa kehidupan sesungguhnya dimulai pada usia 40 tahun. Dalam nada syukur dan harapan melalui perayaan natal tahun 2023 tentu hidup ini merupakan sebuah perjalanan. Hari ini, 26 Desember 2023 bersamaan dengan pesta St. Stefanus menyadarkan saya bahwa hidup harus dimaknai sebagai perjuangan dan perziarahan. Dalam momen penuh berkat sesunghuhnya hidup yang tengah dijalani memiliki beraneka warna hidup dimana ada suka, ada duka, ada juga putus asa namun juga ada harapan. Amatlah tepat ada ungkapan manusia adalah mahkluk peziarah (Homo Viator).

Bagi saya sebagai pribadi peziarah tentu mengalami jatuh bangun dalam hidup baik kehidupan keluarga, di lingkungan kerja (sekolah) kehidupan beragama dan bermasyarakat. Ada begitu banyak kisah hidup yang tak dapat dikisahkan namun semuanya dapar menjadi pembelajaran yang harus dijalani dalam hidup baik secara pribadi maupun dalam keluarga serta komunitas. Perziarahan hidup akan bermakna jika mampu melewati setiap  tantangan bukan sebaliknya atau menjauh dari kenyataan atau getirnya hidup.

Momen mengenang hari kelahiran yang selalu dialami di penghujung tahun ini dapat saya jadikan sebagai momentum untuk merefleksikan perziarahan hidup yang tengah saya jalani. Banyak orang memandang bahwa usia hanyalah angka belaka namun hal ini menjadi dorongan agar bisa berkomitmen untuk menjadi baik dan bijak. Usia bertambah merupakan kodrat yang harus dijalani namun kebajikan dan kebaikan adalah sebuah pilihan. Maka hidup selain sebuah perziarahan namun juga sebagai pilihan.***


No comments: