6/10/17

"Open Tournament" Siga Rembu Cup 2017 Di Desa Ekoae Wewaria Ende Nusa Tenggara Timur


Foto insert: klub Siga Rembu United Ekoae



Serba Serbi Siga Rembu Cup 2016 dan kita semua menanti perhelatan selanjutnya di tahun 2017.
Picture: Taken by Echol Kirie

Sebelum mendaftar, anda perlu mengetahui gambaran singkat tentang Siga Rembu Cup.

Secara singkat bahwa turnamen sepak bola kaki putra yang diberi nama "SIGA REMBU  CUP" dimana nama Siga Rembu merupakan nama tanah persekutuan adat Ratewati yang pusat pelaksanaan ritual adatnya di kampung adat Tugasoki. 

Turnamen SIGA REMBU CUP yang diselenggarakan di Desa Ekoae, Kec.Wewaria Kab.Ende NTT merupakan inisiatif dari para tokoh muda, para akademisi, para pencinta olah raga sepak bola yang didukung oleh Toko adat atau mosa laki serta pemerintah desa Ekoae yang memiliki tujuan bersama yakni mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga khususnya bidang olahraga sepak bola. di sisi lain bahwa ajang ini bisa dijadikan sebagai momen memperkenalkan Tanah Persekutuan masyarakat adat Siga Rembu Ratewati kepada semua lapisan masyarakat khususnya di wilayah kab.Ende.Maka darinya diharapkan dapat melahirkan talenta - talenta berbakat yakni para pemain muda di desa Ekaoae dan akhirnya berkontribusi bagi tim sepak bola daerah kab.Ende dengan selalu mengedepankan pemaknaan warisan tradisi lokal melalui sepak bola.


Perhelatan turnamen tahunan Siga Rembu Cup telah bejalan kurang lebih 3 tahun. Salah satu bukti bahwa turnamen ini memiliki daya pikat yang luar biasa yakni ada begitu banyak klub bola kaki  amatir yang berpartisipasi, tidak hanya yang berada di kecamatan Wewaria namun juga wilayah kecamatan lain misalnya Detusoko, Maurole, Kota Baru, Wolo Waru dan yang lainnya.Adanya antusiasme masyarakat yang cukup tinggi maka sangatlah mungkin suatu saat turnamen ini akan  disponsori oleh pemda kab Ende khususnya bidang terkait yakni Dispora.

Turnamen tahunan ini telah membuktikan keterjaminan keamanan, menjunjung tinggi sportivitas atau fair play sebagai wujud kebersamaan dan persaudaraan yang dibangun melalui sepak bola. hal ini telah ditunjukan oleh panitia penyelenggara dengan kesuksesannya menyelenggarakan semua tahapan pertandingan dari babak penyisihan hingga babak final.Oleh karenanya, dari tahun ke tahun semakin banyak klub sepak bola amatir yang mengambil bagian dalam turnamen ini sebagai wujud bahwa Siga Rembu Cup layak untuk terus diselenggarakan ditengah keterbatasan dana dan fasilitas olah raga.

Sangatlah istimewa bahwa warisan nilai - nilai luhur tradisi adat dan budaya setempat ditransformasikan ke dalam sebuah turnamen sepak bola modern yang penyelenggaraan dijalankan di kampung kecil dengan sistem pengamanan seadanya namun kegiatan pertandingannya tetap kondusif. Secara kasat mata sulit untuk menemukan benang merah antara nilai - nilai tradisi dengan sepqk bola. Namun sebuah terobosan yang patut diapresiasi yakni media pewarisan dan pengenalan tradisi dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mudah diperkenalkan secara luas salah satunya adalah penyelenggaraan turnamen sepak bola. Hal ini sangat tidak midah dan bertolak belakang terhadap anggapan dimana selama ini pertandingan sepak bola antar kampung atau desa selalu identik dengan kekacauan dan kekisruhan, sehingga sepak bola tidak lagi sebagai ajang olah raga dan hiburan namun  saat dimana selalu menciptakan permusauhan baik antar pemain maupun para suporter. Maka dari itu, para panitia Siga Rembu Cup berhasil mematahkan anggapan itu dan meletakan suatu image baru bahwa tim lawan dalam sepak bola bukanlah musuh melainkan sebagai sahabat dalam bermain.

Akhirnya, seluruh Ana Mamo Siga Rembu Ratewati mengajak semua para pencinta olah raga sepak bola di kabupaten Ende untuk terus mengambil bagian dalam turnamen ini dengan medaftarkan klub sepak bola amatirnya pada perhelatan SR CUP 2017. Dengan demikian potensi yang ada di daerah akan berkontribusi bagi kemajuan persebakbolaan nasional.

Bagi para pencinta sepak bola terutama tim-tim yang selalu mengambil bagian dalam SR CUP 1 sampai 3 harap bersabar terkait informasi kapan bergulirnya SR CUP IV 2017. Kepastian ada atau tidaknya turnamen berada panitia lokal, mengingat Kab.Ende selaku tuan rumah El Tari Memorial Cup (ETMC) 2017.


Salam Ana Mamo Siga Rembu Ratewati. Tana Siga eo Ria no,o Watu Rembu eo Bewa.

No comments: