12/22/17

Sekilas tentang Berita Bohong atau HOAX

VOXRATEWATI.Com.
#Repost from Katolik




HOAX

Hoax (baca: hoks) adalah informasi palsu, berita bohong atau kabar dusta. Dalam bahasa Inggris, to hoax berarti memperdaya atau berbohong. Itulah sebabnya, banyak peringatan di medsos, untuk berhati-hati dengan yang namanya hoax. 

Tujuan perbuatan dan penyebaran hoax itu beragam, mulai dari sekadar iseng (just for fun) hingga tujuan politis yang amat serius. Hoax muncul berdasarkan isu dan fakta. Fakta diubah menjadi cerita bohong dengan dipelintir, sepertinya benar, padahal bohong.

Kata hoax berasal dari “hocus pocus” yang aslinya adalah bahasa Latin, “hoc est corpus” – ini adalah tubuh. Frasa ini bisa jadi merupakan penghinaan atas kata-kata para imam Katolik,  ketika melakukan transubstantion. Dengan menggunakan kata Latin yang samar-samar, seorang pesulap menggunakan bahasa malaikat, sehingga seolah-olah yang diucapkan itu benar. 

Pendapat lain mengatakan bahwa hoax ini  berasal dari nama samaran seorang pesulap saat itu yang bernama “The King majesties most excellent Hocus Pocus” karena setiap tricky (tipuan) yang dilakukannya selalu menyelipkan kalimat, “hocus pocus, tontus talontus vade celeriter jubeo”. Kemudian pesulap berikutnya menggunakan kalimat, “Hax pax max Deus adimax”. 

Di pihak lain dikatakan bahwa hocus-pocus, merupakan kata-kata yang tidak memunyai makna, karena ini merupakan mantra-mantra pesulap (conjuror’s incantation). Ini seperti yang dikatakan oleh para pesulap yang berkata, “Bim salabim, abakadabra dan akhirnya hocus pocus.”

Kamis, 21 Desember 2017
Pastor Markus Marlon MSC

No comments: